Sab. Jan 25th, 2020

Warga Desa Sungai Deras Keluhkan Pencemaran Limbah Pabrik Sawit

3 min read

Kubu Raya-luapan limbah pabrik pengolahan kelapa sawit milik PT.Rezeki Kencana(RK)yang berlokasi di Desa Sungai deras Kec.Teluk Pakedai,Kabupaten Kubu Raya mulai meresahkan warga setempat karena luapan limbah menimbulkan polusi udara dan bau limbah tidak sedap.

Sekdes Desa Sungai deras Ahmad Masuri di dampingi Kepala Desa Sungai Deras,Slamet Karyanto mengatakan,masyarakat yang berada di sekitar perusahaan sudah lama mengeluhkan polusi bau lupan limbah yang mengeluarkan aroma bau tidak sedap.

“Bau limbah memang tercium hingga radius ratusan meter bahkan juga sampai ke permukiman warga desa yang berada cukup jauh dari pabrik PT.RK selain itu juga di sekitar pabrik terdapat lahan sawah pertanian warga yang di hawatirkan tanaman padi warga terkena nampak luapan limbah pabrik tersebut,”kata Ahmad Masuri,Rabu (22/5/2019).

Senada di katakan kepala desa Sungai Deras Slamet Karyanto mengatakan memang ada keluhan warga kami terkait luapan limabah tersebut.dan selama ini dari pihak perusahaan kurang perhtian terhadap lingkungan sehingga mungkin anggapan masyarakat terhadap pemerintah Desa sudah dapat dari perusahaan.Tegasnya.

Untuk itu kami menekankan pada mereka untuk segera memperbaikinya, dari saya sendiri selaku Sekdes dan Kepala Desa memberi mereka tenggang waktu untuk mengatasi dan mengendalikan aroma Luapan limbah tersebut.Sebab jika tidak di perbaiki di hawatirkan akan berdampak kerusakan lingkungan dan kesehatan warga setempat tersebut,” tutur dia.

Kendati demikian,kata Sekdes dan Kades Desa Sungai Deras,pihaknya akan terus mengawasi secara ketat dan mengingatkan PT.Rezeki Kencana(RK) untuk mempercepat perbaikan.Sebab aroma limbah sudah menganggu warga setempat dan terus mengeluhkan perihal tersebut.Jika peringatan itu tidak diindahkan maka,ia terpaksa bersikap tegas.

“Meskipun kehadiran pabrik PT.Rezeki Kencana(RK)itu sangat membantu perekonomian masyarakat karena sebagaian besar pekerjanya warga lokal,namun pengolahannya harus tetap tidak boleh merugikan dan menganggu lingkungan dan masyarakat,” tutupnya.

“Sementara Camat Teluk pakeadi Rasudi.S.sos.M.Si saat di konfirmasi sejumlah wartawan di kantornya Dirinya mengaku belum dapat impormasi terkait Luapan limbah pabrik PT.Rezeki Kencana(RK)dari masyarakat.pada Rabu(22.5.2019)

hal senada juga di katakan Kapolsek Kec.Teluk Iptu Oscar Ardyan.S.Sos.A.M.D saat di temui sejumlah wartawan di kantornya ia juga mengatakan jadi kami hingga saat ini baru mendengar ada keluhan itu kemudian belum ada juga warga dari desa sungai deras yang melaporkan kepada kami

namun kaitannya ada informasi tentunya kami akan mencoba nanti selidiki terlebih dahulu apakah memang bener ada luapan limbah yang diakibatkan oleh pabrik PT Rezeki kencana ya jadi kami akan menyelidiki dulu.Katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan belum bisa memastikan apakah itu informasi itu bener atau tidak demikian untuk selanjutnya tentunya kami nanti akan berkoordinasi dengan mustika dengan muspida untuk mengambil langkah langkah apa saja yang nanti akan kami ambil dan tentunya akan ada konfirmasi ke PT.Rezeki Kencana(PT.RK)dan kalau memang ada bener di sana terdapat limbah atau sebagainya ya nanti kita tindak lanjuti mungkin ke jalur hukum,”tegasnya.

Sementara Pihak perusahaan melalui humasnya Marwoto.saat di konfirmasi melalu ponselnya hingga berita ini dibrelis belum ada jawaban.

(Tim/Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *