Tim Tabloid NPP Berhasil Mencapai Puncak Merapi Gunung Dempo

Palembang, Tabloid NPP – Exspedisi Puncak Merapi yang berada di Gunung Dempo berbuah manis. Pendakian yang dikoordinatori Wakil Pimpinan Redaksi Tabloid Nuansa Pendidikan & Pedesaan (Tabloid NPP Erna Suryanti, Rabu (18/06/2019 ) bersama rekan -rekan telah berbuah manis.

Tim memulai pendakian melalui jalur Rimau, dimulai tepat pukup 12.30 wib, setelah berdoa mohon keselamatan ,Tim pendakianpun memulai perjalanan.Kali ini Tim di motori oleh kikky yang beranggotakan Tukini, Febi, fiska, dan yanti mahameru.

Menapaki track demi track dan melintasi shelter demi shelter untuk mencapai puncak merapi , yang berada di Gunung Dempo tidaklah mudah. Puncak Merapi dengan ketinggian 3159 MDPL, ini terletak di Kota Pagar Alam Sumatera Selatan.

Kikky menuturkan “medan yang harus dilalui dengan berjalan kaki cukup extrim, dikanan kiri jurang dan rute yang di lalui semakin keatas semakin terjal dan menanjak.

Diatas sebelum sampai ke Top Dempo kita akan disajikan dengan panorama kayu panjang umur yang terbakar beberapa tahun yang lalu, namun menjadi pemandangan yang unik, ujarnya.

“Tepat pukul 21.00 wib tim pendaki tiba di dataran Top Dempo, disini kami mendirikan tenda untuk bermalam, karena besok kami akan melanjutkan pendakian ke puncak merapi. Dipuncak Merapi ini berbeda dengan puncak Dempo, karena dipuncak Merapi tidak di tumbuhi dengan pohon, melainkan bebatuan dan kerikil yang tajam. Dari atas puncak kita akan melihat kawah yang airnya akan selalu berubah warna sesuai dengan kondisi cuaca.

Diatas kawah terdapat lereng yang curam dan terjal, sehingga tidak ada yang mau dan berani turun ke area kawah merapi,” terang kikky.

Yanti salah koordinator tim pendakian menuturkan “pendakian ini bertujuan untuk mensyukuri nikmat Allah SWT, bahwa begitu besar karunia Allah yang telah mampu kami nikmati keindahan dan kebesarannya,” ucapnya.

“Berharap kepada semua pencinta alam yang mau mendaki ke puncak Dempo untuk menikmati kawah gunung merapi, diharapkan tetap mampu menjaga kelestarian aneka ragam tumbuhan yang hanya mampu tumbuh di pegungunan gunung Dempo.

Pohon kayu panjang umur contohnya hanya ada di Gunung Dempo yang telah hidup ribuan tahun yang lalu ,juga telah masuk dalam daftar pohon yang di lindungi,” bebernya.

Dalam pendakian kali ini kikky berujar Tim melihat kawah berwarna abu -abu semen, yang mana tiga puluh menit sebelumnya air kawah sempat beewarna biru.

“Tepat pukul 12.30 wib Tim beranjak berkemas untuk melanjutkan perjalanan pulang, setelah bermalam selama satu malam.Kamipun kembali menuruni track demi track untuk dapat kembali ke posko Rimau. Tak terasa hujan yang turun mengguyur, tim Tabloid NPP tetap melanjutkan perjalanan untuk cepat sampai di kediaman masing -masing .
Mengingat kondisi tubuh yang telah sangat lelah, pukul 19.00 wib tim exspedisi puncak Merapi gunung Dempo tiba di perbatasan Rimau pos pendakian titik nol,” pungkas kikky. ( Yanti M )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *