Komunikasi Keluarga Paling Utama Cegah Narkoba

Jakarta. Tabloid NPP – Persoalan narkoba perlu mendapat perhatian ekstra, karena sangat membahayakan generasi bangsa. Sebagai upaya penanggulangannya, perlu adanya upaya pencegahan terutama bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan keluarga. Komunikasi, kasih sayang, dan perhatian, merupakan hal yang sangat penting untuk menjauhkan keluarga terdekat dari narkoba.

Demikian disampaikan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra di sela-sela rangkaian kegiatan penandatanganan nota kesepahaman BNN dengan PT Garuda Indonesia, di Auditorium Garuda Management Building, Selasa (2/7).

Dirut Garuda menganalogikan, jika narkoba menyerang pohon, maka yang diserang akarnya. Ketika diserang akarnya maka pohon tersebut itu tidak bisa kembali produktif. Oleh karena itulah pihak Garuda memberikan atensi khusus pada masalah narkoba.

Ashkara juga mengatakan bahwa penanganan permasalahan narkoba bukan hanya komitmen perusahaan akan tetapi juga sebagai individu. Kepeduliannya terhadap masalah ini, karena dari pengalamannya saat menginjak usia muda, beberapa temannya menjadi korban narkoba.

Bicara soal pentingnya keluarga, Kepala BNN, Heru Winarko juga sepakat dengan Dirut Garuda bahwa keluarga menjadi benteng utama dalam upaya penanggulangan narkoba. Oleh karena itulah, ia menghimbau agar setiap individu bisa mengoptimalkan golden time, atau waktu yang sangat sempit dimanfaatkan untuk memberikan perhatian yang besar kepada keluarga.

Di hadapan ratusan karyawan dari sejumlah anak perusahaan Garuda, Heru juga mengingatkan tentang ancaman narkoba jenis baru yang tak kalah bahaya dengan narkoba yang sudah dikenal seperti ganja, sabu, ekstasi dan lainnya. Kepala BNN menyebutkan, narkoba jenis baru atau New Psychoactive Substances (NPS) di dunia sudah beredar sebanyak 803 jenis sedangkan di Indonesia sudah beredar sebanyak 74.

Oleh karena itulah, sinergi dengan maskapai sangat penting dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba. Menurut Heru kerja sama kedua pihak sangat penting mengingat masih ada ancaman atau potensi peredaran narkoba melalui jalur udara, terutama jalur domestic yang seringkali dimanfaatkan oleh sindikat.

Ketika disinggung tentang kerja sama yang selama ini dibangun antara BNN dan Garuda, Heru memberikan apresiasi yang tinggi karena Garuda selama ini telah memberikan dukungan terutama dalam bidang pemberantasan. Ke depannya ia berharap meningkatkan kerja sama melalui perjanjian kerja sama yang lebih mendetail dengan masing-masing perusahaan yang berada di bawah grup Garuda.

Mengakhiri pembicaraannya, Kepala BNN berharap agar maskapai yang berada dalam grup Garuda ini bersih dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba. (dewa aruna&tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *