Ming. Jul 21st, 2019

Tabloid NPP

Bersama Membangun Bangsa

BNN Selenggarakan Musren Tentukan Langkah Strategis Lima Tahun Ke depan

1 min read

Jakarta, Tabloid NPP – Perencanaan dalam suatu organisasi merupakan langkah awal dalam menentukan keberhasilan. Perencanaan yang baik mutlak dibutuhkan untuk mencapai target dan sasaran yang telah ditetapkan oleh organisasi. Oleh sebab itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai leading sektor dalam penanganan permasalahan narkotika di Indonesia pun menyelenggarakan musyawarah perencanaan (Musren) di hotel Ciputra, 3-5 Juli 2019.

Musren yang mengangkat tema “Memperkuat Kapasitas Kelembagaan dalam Upaya Peningkatan Kinerja Organisasi” ini merupakan bagian dari sistem rancangan pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024. Rencana strategis (Renstra) sebagai produk Musren pun diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam RPJMN tersebut, khususnya terkait dengan penanganan permasalahan narkotika dalam kerangka pembangunan nasional.

Berorientasi pada sasaran RPJMN dan melihat perkembangan dinamika kejahatan narkotika baik dari internal maupun eksternal, berikut kelima rancangan desain kebijakan BNN, diantaranya:
1. Peningkatan kapasitas dan kualitas pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika.
2. Peningkatan kapasitas pengawasan titik masuk jalur peredaran dan kapasitas kerja sama pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika.
3. Peningkatan pemberdayaan, partisipasi, dan kedayatanggapan masyarakat melalui pemanfaatan nilai-nilai kearifan dan kelembagaan lokal dalam P4GN
4. Penerapan rehabilitasi berkelanjutan
5. Penataan dan penguatan tata keloka kelembagaan BNN dalam kaitannya dengan pelayanan publik

Melalui Musren kematangan perencanaan dalam berbagai rancangan kebijakan tersebut diharapkan dapat tercapai. Dengan demikian BNN akan memiliki pijakan kokoh dalam penetapan program kerja tahunan yang berkesinambungan dan mampu mencapai Indonesia yang bersih dari narkoba sebagai bagian dari pembangunan sumber daya manusia dalam pembanunan nasional. (dewa aruna&tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *