Ming. Jul 21st, 2019

Tabloid NPP

Bersama Membangun Bangsa

Sederet Penghargaan Yang Diserahkan Saat Puncak HUT Bhayangkara di Jawa Timur

4 min read

Surabaya, Tabloid NPP – Nuansa sinergitas tiga pilar utama antara Pemerintah, Polri, TNI dan masyarakat terasa sangat kental di Puncak HUT Bhayangkara di Jatim. Di momentum ini, para pengemban amanah yang berprestasi juga diganjar penghargaan.

Penghargaan ini diberikan di sela-sela apel. Salah satunya, kepada Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang mendapat pin emas kehormatan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Pin ini sebagai wujud penghargaan pada Khofifah dalam membangun Sekolah Bhayangkara di Madiun.

“Pin emas dari Pak Kapolri tentu menjadi penyemangat kita semua atas penyelenggaraan negara baik di tingkat lokal, provinsi ataupun nasional. Sinergitas ini harus kita jaga, kita kembangkan, kita perkuat. Kita besar karena kita bersama, kita besar, karena kita bersatu,” kata Khofifah usai menerima pin emas di Kodam V/Brawijaya Surabaya, Rabu (10/7/2019).

Tak hanya untuk Khofifah, penghargaan ini juga diberikan untuk anggota Polri, TNI hingga pegawai pemerintahan yang memiliki peran dalam menjaga keamanan wilayahnya.

Salah satunya kepada Poslinmas di Desa Kepatihan Polres Jombang yang meraih juara Harapan 1. Kepala Desa Kepatihan, Erwin Pribadi mengatakan kemenangan ini juga merupakan buah dari partisipasi masyarakat yang tinggi dalam menjaga kampungnya.

“Pertama partisipasi masyarakat, kemudian sarana, prasarana dan sinergitas masyarakat dengan tiga pilar dalam meningkatkan sistem keamanan lingkungan yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Berikut penghargaan yang diberikan kepada Polisi, TNI hingga dari unsur Pemerintahan :

A. Lomba Bhabinkamtibmas Kapolda Cup Tahun 2019:

1. Juara I, diraih oleh Bripka Sido Sucahyo, S.Psi NRP 85110761 Bhabinkamtibmas Polsek Karang Pilang Polrestabes Surabaya ;
2. Juara II, diraih oleh Bripka Dody Fitria D., S.H. NRP 87050759 Bhabinkamtibmas Kelurahan Rongtengah Kecamatan Sampang Polres Sampang;
3. Juara III diraih oleh Bripka Dani Anton Wahyudi, S.H. NRP 86050138 Bhabinkamtibmas Polsek Sempolan Polres Jember
4. Juara Harapan I diraih oleh Brigadir Tengku R.D.. NRP 85120355 Bhabinkamtibmas Polsek Kalipuro Polres Banyuwangi
5. Harapan II diraih oleh Bripka Agus Budono NRP 84110695 Bhabinkamtibmas Polsek Mojo Polres Kediri Kota
6. Harapan III diraih oleh Bripka Anton Sugiarto, S.H., M.H.NRP Bhabinkamtibmas Polsek Dampit Polres Malang.

Juara 1 Siskamling Kapolda Cup 2019 wilayah Polresta Sidoarjo/Juara 1 Siskamling Kapolda Cup 2019 wilayah Polresta Sidoarjo/ Foto: Suparno

B. Lomba Siskamling Kapolda Cup Tahun 2019:

1. Poskamling Terfavorit diraih oleh Poskamling RT 02/05 Desa Cerme Kidul Kecamatan Cerme Polres Gresik;
2. Juara I diraih oleh Poskamling RT 23/07 perum PSG desa Sekardangan Polresta Sidoarjo;
3. Juara II diraih oleh Poskamling desa sumbermujur polres lumajang;
4. Juara III diraih oleh Poskamling RT 19 Kel. Madiun Lor Polres Madiun Kota;
5.Harapan I diraih oleh harapan Poslinmas desa kepatihan polres Jombang;
6. Harapan II diraih oleh Poskamling desa Pagersari Polres Tulung Agung;
7. Harapan III diraih oleh Poskamling RW XIII perum Asabri ds. Nogosari Polres Pasuruan.

C. Bhabinkamtibmas teladan (berdinas di kepulauan) sebagai berikut:

1. Brigadir Wijiono, S.H., NRP 86011441 Bhabinkamtibmas desa Sidogedungbatu Kecamatan Sangkapura Polres Gresik (aktif dalam membina nelayan, aktif dalam menjaga lingkungan khususnya pelestarian terumbu karang dan aktif dalam menanam penghijauan di pulau gili dan Noko (Bawean)).
2. Brigadir Guntur Astri Putra NRP 85060985 Bhabinkamtibmas Desa Sadulang Kecamatan Sapeken Polres Sumenep (memiliki kinerja dan dedikasi tinggi terhadap masyarakat dan institusi Polri).

D. Babinsa teladan:

1. Sertu Supri Wardoyo NRP 31990470480677 Babinsa Koramil 0831/07 Tenggilis Mejoyo Kodim 0831/Surabaya Timur(Bersama Babinkamtibmas menemukan Narkoba jenis Ganja kering seberat 5 kg, di jl Kutisari Selatan no 50, Kel. Kutisari Kec. Tenggilis Mejoyo Surabaya);
2. Sertu Heri Purnomo NRP 31960181820877 Babinsa Koramil 0818/23 Jabung Kodim 0818/Kab.Malang (Menjadi Magnet dan Pioner bagi masyarakat Desa Taji utk bersemangat kembali menanam Kopi dan mengembalikan kejayaan tanaman kopi di wilayah Jabung dg merintis dan mengolah lahan yg sudah gundul);
3. Sertu Imam Buhori NRP 639035 Babinsa Koramil 0821/03 Senduro Kodim 0821/Lumajang Sertu Pribawono NRP 3198022241178 Babinsa Koramil 0821/03 Senduro Kodim 0821/Lumajang (Kepedulian terhadap Desa Binaannya dan tanggap terhadap masyarakat yg mencurigakan, bersama Babinkamtibmas berhasil mengungkap peredaran Ganja di Kec. Senduro Kab. Lumajang).

E. Kepala desa teladan Piala Gubernur Jatim 2018:

a. Mardi Basuki Kepala Desa Sukosewu kec Gandusari, Kabupaten Blitar;
b. Nur cholifah Kepala Desa Mendak kec Gandangan, Kabupaten Madiun;
c. Farid Kepala Desa Pandean kec Durenan, Kabupaten Trenggalek.

Sementara kompetisi lomba Siskamling Kapolda Cup 2019 yang diselenggarakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019 di Provinsi Jawa Timur, diraih Polresta Sidoarjo. Tepatnya Juara I Poskamling RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan.

Inovasi digitalisasi sistem keamanan lingkungan yang dilakukan ini patut diacungi jempol. Sebab merupaka ide dan kreatifitas warga sendiri yang berkeinginan menjadikan kegiatan Poskamling menjadi lebih menyenangkan, efisien dan praktis.

Kegiatan poskamling yang selama ini dirasakan masyarakat sebuah kegiatan jadul, membosankan dan konvensional dapat dimodifikasi menyesuaikan kemajuan teknologi informasi yang sejalan dengan perlunya adaptasi penerapan Siskamling dalam menghadapi industry 4.0.

Menurut Edi Priyanto, Ketua RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan mengatakan, warganya menyadari sepenuhnya bahwa keamanan dan ketertiban lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Bentuk kepedulian tersebut menyebabkan terjadi pengawasan melekat antar warga, bukan menyerahkan sepenuhnya kepada petugas keamanan.

“Kegiatan ronda siskamling kami galakkan, tak hanya bapak-bapak yang jaga di waktu malam namun ibu-ibu juga ikut terlibat jaga pada saat siang hari, kegiatannyapun bukan sekedar jaga namun dijadikan ajang untuk bersosialisasi dan berkomunikasi antar warga, sehingga hubungan semakin erat. Komunikasi yang baik ini bisa menjamin terjadinya kepedulian terhadap lingkungan yang semakin meningkat dan warga akan saling menjaga. Kegiatan ini juga sangat efektif untuk mendeteksi adanya terorisme maupun pencegahan terhadap tindak kriminal dan peredaran narkoba,” kata Edy saat dihubungi usai menerima penghargaan. (dewa aruna&tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *